Mungkin sebagian besar dari kita tak pernah menyadari, betapa tak
sehatanya pola hidup kita saat berada di Kantor. Bayangkan saja, delapan
jam duduk di kursi di depan komputer, selama lima hari seminggu, tentu
ini membawa resiko bagi kesehatan Anda. Akibat duduk berjam-jam ini
membuahkan ketegangan mata hingga otot leher kaku, ditambah lemak
menumpuk di bagian perut akibat camilan yang ditawarkan teman kerja
setiap hari. Nah berikut kami berikan 10 tips untuk menjaga kesehatan
selama di tempat kerja.
1. Camilan yang disediakan teman kerja Anda di mejanya dapat menambah
ribuan kalori, jika tak berhati-hati itu akan merusak diet Anda, dan
menambah berat badan. Jadi jika Anda tahu seseorang memiliki permen atau
cokelat di mejanya, kelilingilah meja teman Anda ini untuk menjauhkan
diri dari godaan, demikian saran dokter gigi di American Dietetic
Association. Istirahatlah sejenak, ambil nafas panjang, dan hapus
keinginan untuk menyantap makanan manis. Jika Anda lapar, lebih baik
bawalah bekal buah-buahan dari rumah.
2. Minum banyak air – 10 gelas tiap hari – akan membantu menjaga Anda
tetap hidrat. Buat rencana untuk menykseskan program ini: bawa 1 botol
besar air mineral ke kantor, habiskan satu botol hingga saat makan
siang, lalu isi lagi dan habiskan hingga pukul 3 sore, dan pada pukul 5
sore habiskan botol ketiga. Atau Anda bisa memasang alaram di komputer
untuk mengingatkan saatnya ambil minum. Selain itu, banyak pula makanan
yang kaya kandungan air, seperti jeruk, anggur, semangka dan apel.
Menyantap makanan ini sambil bekerja, selain membuat Anda sehat juga
membantu Anda tetap hidrat.
3. Satu yang paling penting yang dapat Anda lakukan agar tetap sehat
dan langsing adalah olahraga. Berjalan kaki saat makan siang adalah
gagasan bagus untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini. Pasalnya jalan
kaki bukan hanya membakar kalori, tapi bisa meredakan stress dan
refreshing.
4. Menyantap makanan siang yang sehat merupakan bagian penting dari
diet seimbang. Tapi makan dengan porsi yang masuk akal merupakan bagian
penting dalam menjaga kesehatan Anda. Jadi selain menyantap makanan
sehat, juga perhatikan porsi makan Anda, jangan sampai makan terlalu
banyak dan lalu hanya duduk di kursi sepanjang sore atau jangan pulan
makan terlalu sedikit hingga Anda kurang asupan nutrisi.
5. Tension neck syndrome (TNS) atau sakit dibagian leher dapat
terjadi saat otot-otot bagain leher dan pundak atas tak tepat, atau
salah posisi dalam waktu lama, demikian menurut National Institute of
Environmental Health Sciences. Biasanya ini dialami oleh pekerja yang
bertugas menerima telepon hampir sepanjang hari atau mengetik selama
berjam-jam. Untuk menghindari leher sakit dalam jangka lama, seorang
profesor ergonomics – yang mempelajari hubungan manusia dan mesin – di
Universitas Cornell, menyarankan bagi pekerja yang bertugas menerima
telepon sebaiknya menggunakan speakerphone, penyangga bahu atau
menggunakan headset saat menerima telepon.
6. Ketegangan mata merupakan masalah lain yang diakibatkan terlalu
lama duduk di depan komputer. Ketegangan mata dapat menyebabkan sakit
kepala, susah fokus, dan menambah sensitifitas pada cahaya, demikian
menurut ahli dari Universitas California. Jadi sebaiknya jika Anda tak
dapat membaca tulisan di layar komputer Anda dari jarak jauh, lebih baik
perbesar ukuran hurufnya.
7. Tips yang kerap kali kita dengar adalah melakukan liburan. Memang
pada kenyataanya, melakukan liburan sangat berguna untuk meredakan diri
dari kesibukan, pun membantu mengisi kembali ‘baterai’ Anda. Liburan
juga bermanfaat untuk mengurangi stress dan membuat pikiran Anda
berhenti bekerja, khusunya jika Anda memiliki konflik, demikian juga
saat Anda memiliki masalah dengan bos, rekan kerja atau proyek yang Anda
kerjakanStres dapat berimbas pada kesehatan, seperti melemahkan sisitem
imun dan meningkatkan resiko sakit. Jadi, mengurangi tingkat stres
adalah inti permasalahnnya, dan satu-satunya yang paling manjur untuk
maslaah ini adalah liburan, demikian jelas presiden Business Psychology
Consulting.
8. Cara lain untuk menjaga kesehatan di tempat kerja adalah
menghindari mengulur waktu lebih lama. Bisanya orang fokus pada tugas
masing-masing dan berusaha menyelesaikan proyek tersebut. Tapi mereka
tak menyadari kalau itu mempengaruhi kesehatan, demikian menurut
persiden Business Psychology Consulting. Para pekerja keras biasanya
baru menyadari saat mengalami stress dalam tingkat tinggi, yang mulai
mempengaruhi hubungan serta mood mereka. Stres semacam ini biasanya
disebabkan oleh kondisi yang terlalu lelah. Kelelahan dapat juga
mempengaruhi sistim imun seseorang, begitu puladapat menyebabkan
gangguan tidur atau gangguan konsentrasi.
9. Keyboart, mouse dan telepon yang biasa Anda gunakan bisa jadi
sarang ribuan kuman yang menungu untuk membuat Anda sakit. Jadi basmi
dengan obat anti kuman. Menurut Science Daily, peneliti di 100th General
Meeting of the American Society for Microbiology melaporkan kalau virus
dapat bertahan selama berjam-jam hingga berhari-hari di permukaan
kasar. Seperti rotavirus (yang menyebabkan diare) biasanya berada di
permukaan penerima telepon, yang menularkan penyakit pada orang lewat
telepon. National Consumers League menyarankan untuk selalu membersihkan
obyek ini dengan pembersih anti kuman atau semprot dengan pembersih
yang sudah terbukti mampu membasmi semua jenis kuman.
10. Hal apa yang paling penting untuk Anda lakukan supaya tetap sehat
di tempat kerja? Menurut Business Psychology Consulting, langkah paling
penting untuk menjaga kesehatan di tempat kerja adalah kesadaran diri.
Mengetahui diri Anda sendiri dan batas yang Anda miliki. Tahu kapan
saatnya Anda istirahat dan kapan waktunya mengambil libur. Dan jangan
lupa berolah raga, yang selama ini terbukti membantu secara fisik dan
mental, lakukan saat di kantor dan di rumah.
Ternyata banyak hal yang bisa membuat kita jatuh sakit di tempat
kerja, kadang kita jarang memikirkan hal-hal yang paling sederhanapun
saat sedang sibuk melakukan pekerjaan. Semoga tips yang kami sampaikan
ini bermanfaat, selamat mencoba!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar